Materi penyuluhan diet diabetes

Lampiran Materi Penyuluhan

Kepatuhan terhadap pembatasan natrium. The Dietary Reference Intake merekomendasikan sodium untuk dewasa sehat usia tahun yaitu 1. Bahan yang Harus dibatasi dan dihindari 1.

Sering mengkonsumsi buah dan sayuran. Klasifikasi Klinis 1. Extremitas atas ROM kiri mampu fleksi, abduksi, ekstensi, aduksi, dan rotasi. Tubuh setidaknya memerlukan 25 50 gram serat setiap harinya. Manfaat Murbei Oleh karena itu, saat tahap awal perkembangannya akan sulit untuk di deteksi.

Contoh makanan kaya serat yaitu kacang polong, buncis, apel, jeruk, wortel, daun ubi, kangkung, bayam, dll. Sistem musculokeletal a. Tujuan Menyesuaikan makanan dengan kesanggupan, tubuh untuk menggunakannya, sehingga membantu Anda: Latar Belakang 1. Kesemuanya ini dipersiapkan dalam rangka mempermudah diterimanya secara sukarela perilaku yang akan meningkatkan atau memelihara kesehatan.

Sudoyo dkk, Manajemen Diet Terapi nutrisi pada pasien jantung harus ditujukan kepada hal-hal berikut ini: DMTTI dengan obesitas 2. Faktor eksternal yang dapat memicu destruksi sel pancreas, sebagai contoh hasil penyelidikan menyatakan bahwa virus atau toksin tertentu dapat memicu proses autuimun yang dapat menimbulkan destruksi sel pancreas.

Tingkatkan konsumsi ikan, khususnya ikan laut yang kaya akan asam lemak omega-3, paling tidak kali seminggu. Setelah penjelasan materi. Ikan juga dapat menjadi sumber protein pengganti daging atau telur. Tetapi perlu diingat, hindari menyajikannya dalam bentuk ikan goreng.

Air yang masuk ke dalam tubuh dibuat seimbang dengan air yang keluar, baik melalui urin maupun Insensible Water Lass. PKM Pendidikan Kesehatan Masyarakat Pendidikan merupakan sebuah proses perubahan perilaku, dimana terdapat masukan inputproses serta keluaran out put.

ROM kanan mampu fleksi, abduksi, ekstensi, aduksi, dan rotasi. Hasil penelitian menunjukkan biji, daun, dan kulit kayu jamblang mempunyai khasiat menurunkan kadar glukosa darah efek hipoglikemik pada penderita diabetes melitus tipe II.

Hubungan Sosial: Sedangkan hipersekresi hormon kortisol pada hiperkortisolisme yang menjadi penyebab obesitas viseral, resistansi insulin, dan dislipidemia, mengarah pada hiperglisemia dan turunnya toleransi glukosa, terjadinya resistansi insulin, stimulasi glukoneogenesis dan glikogenolisis.

Sap Komunitas Penyuluhan Diabetes Melitus Pada Lansia

Sebagai contoh, timbulnya IGT dan diabetes mellitus sering disebut terkait oleh akromegali dan hiperkortisolisme atau sindrom Cushing. Diabetes Mellitus tak tergantung insulin Faktor risiko yang berhubungan dengan proses terjadinya DM tipe II, diantaranya adalah: DMTTI yang tidak mengalami obesitas ii.

Bagian ujung kaki diangkat ke atas dan buat gerakan memutar dengan pergerakan pada pergelangan kaki sebanyak 10 kali 5. Penyebab utama penyakit kardiovaskular PKV adalah adanya penyumbatan pembuluh darah koroner, dengan salah satu faktor risiko utamanya adalah dislipidemia.

Salah satunya adalah membantu menurunkan kadar gula darah dan kadar kolesterol.

Materi Penyuluhan Prolanis

Kelainan koroner f. Bukan DM. Kurangi asupan kolesterol dan lemak jenuh, seperti daging merah, jeroan, otak sapi, kuning telur, keju dan lain-lain. Pendidikan kesehatan bukan sesuatu yang dapat diberikan oleh seseorang kepada orang lain dan bukan pula sesuatu rangkaian tata laksana yang akan dilaksanakan ataupun hasil yang akan dicapai, melainkan suatu proses perkembangan yang selalu berubah secara dinamis dalam mana seseorang dapat menerima atau menolak keterangan baru, sikap baru dan perilaku baru yang ada hubungannya dengan tujuan hidup.

Lapar yang berlebihan atau makan banyak Polyphagia 4. Insulin memasukkan gula ke dalam sel sehingga bisa menghasilkan energi atau disimpan sebagai cadangan energi. Kalau bisa pilih minyak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun.

MATERI PENYULUHAN DIABETES

Diabetes tipe 2 diduga disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Klien mampu menjalin hubungan yang baik dengan tetangga di sekitar rumahnya dan sering bersama-sama dengan masyarakatnya lainnya dalam kegiatan ronda malam dan kegitan-kegiatan lainnya.

Diabetes Kehamilan GDM ii.Materi Penyuluhan Materi 1. Diabetes Mellitus (oleh: Sulistiyani, criativabrasilia.com, criativabrasilia.com) A. Pengertian Diabetes M Diabetes Mellitus (oleh: Sulistiyani, criativabrasilia.com, criativabrasilia.com) A. Diet pada diabetes melitus merupakan utama untuk mengontrol gula darah, oleh karena itu keluarga diharapkan mengetahui tentang diet,perawatan dan mempertahankannya sehingga bisa mencegah terjadinya komplikasi.

Selain itu, kebiasaan hidup yang kurang baik juga bisa menyebabkan terjangkitnya kanker serviks ini. Seperti kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin terutama vitamin c dan vitamin e serta kurangnya asupan asam folat.

satuan acara penyuluhan (s a p) penyakit diabetes melitus aplikasi nanda, noc, nic. MATERI PENYULUHAN DIABETES MELLITUS 1. PENGERTIAN DIABETES MELLITUS Diabetes Mellitus adalah keadaan hiperglikemi kronik yang disertai berbagai kelainan metabolik akibat gangguan hormonal yang menimbulkan berbagai komplikasi kronik pada mata, ginjal, saraf dan pembuluh darah (Mansjoer dkk, ).

Penderita diabetes tipe 1 umumnya menjalani pengobatan therapi insulin (Lantus/Levemir, Humalog, Novolog atau Apidra) yang berkesinambungan, selain itu adalah dengan berolahraga secukupnya serta melakukan pengontrolan menu makanan (diet).

Materi Penyuluhan DM
Materi penyuluhan diet diabetes
Rated 4/5 based on 44 review