Pengaruh body image terhadap perilaku diet

Subjek Dn tidak puas dengan kulit wajah, dan kaki yang pendek. References Gunawan L. Pada masa remaja akhir, keadaan pribadi, sosial dan moral berada dalam kondisi kritis atau critical period. Skala Self-Esteem Setiap aitem dalam alat ukur ini menggunakan penskalaan Likert yang terdiri dari dua jenis aitem, yaitu aitem favorable yang mengindikasikan tingginya self-esteem yang diukur dan aitem unfavorable yang mengindikasikan rendahnya self-esteem yang diukur.

Hal ini sejalan dengan temuan Paxton dkk yang menyatakan bahwa perilaku diet dipengaruhi oleh body dissatisfaction dan pada akhirnya dipengaruhi juga dengan self-esteem.

Peralihan masa perkembangan yang berlangsung sejak usia sekitar 10 atau 11, atau bahkan lebih awal sampai masaremaja akhir, serta melibatkan perubahan besar dalam aspek fisik, kognitif, dan psikososial yang saling berkaitan. Oleh karena itu, masih terdapat perbedaan pendapat tentang pengaruh self-esteem pada remaja perempuan dibawah usia 21 tahun sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Hubungan body image dengan perilaku makan, perilaku sehat, status gizi dan kesehatan mahasiswa

Ia akan memperhatikan pendapat Universitas Sumatera Utara atau reaksi yang dikemukakan oleh lingkungannya termasuk pendapat mengenai fisiknya. Dampak yang dialami Ti adalah stress dan rendahnya percaya diri. PT Prestasi Pustakarya; Metode Pengambilan Data Pemilihan alat ukur sebaiknya disesuaikan dengan tujuan penelitian dan bentuk data yang akan diambil dan diukur Hadi, Penskalaan yangdigunakan adalah penskalaan Likert yang tersusun dari dua jenis aitem, yaitu aitem yang mendukung favorable dan aitem yang tidak mendukung unfavorable.

Dampak dari body dissatisfaction dapat menyebabkan depresi, rendahnya harga diri, anoreksia, bulmia, dan sebagainya Grogan, Identifikasi Variabel Penelitian Terdapat 2 dua variabel yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Nutrition Counceling and Communication Skills. Usia Error tahun Deviation 9 6,89 0, 0, Self-Esteem 19 23 7,17 0, 1, 9 9,89 0, 1, Body Image 19 23 10,39 0, 1,Data pada Tabel 4.

Body image merupakan gambaran yang dimiliki dalam pikiran tentang ukuran, keadaan atau kondisi dan bentuk tubuh. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Perubahan sosial yang penting pada masa remaja meliputi meningkatnya pengaruh kelompok sebaya, pola perilaku sosial yang lebih matang, penggelompokan Universitas Sumatera Utara sosial baru, dan nilai-nilai baru dalam pemilihan pemimpin, dan dalam dukungan sosial.

Diet didefmisikan sebagai kegiatan membatasi dan mengontrol makanan yang akan dimakan dengan tujuan untuk mengurangi dan mempertahankan berat badan Hawks, Rasulullah saw bersabda: Kegalauan emosi pada masa ini juga dapat berpengaruh terhadap kebiasaan makan anak.

Skripsi Psikologi:Pengaruh Citra Tubuh Terhadap Penyesuaian Diri

Citra tubuh bukanlah konsep yang bersifat statis atau menetap seterusnya, melainkan mengalami perubahan terus menerus, sensitif terhadap perubahan suasana hati, lingkungan dan pengalaman fisik inidvidual dalam merespon suatu peristiwa kehidupan d.

Rasa percaya diri berbanding terbalik dengan ketidakpuasan seseorang terhadap tubuhnya.

1 BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG CITRA TUBUH (BODY IMAGE

Universitas Indonesia. Tujuan diet sendiri bermacam-macam hanya tampaknya sebagian besar masyarakat mengasosiasikan diet sebagai penurunan berat badan.

Selain itu menurut Sarwer, Wadeen dan Foster dalam Esther, body dissatisfaction dapat dilihat dari penilaian individu mengenai beberapa hal yang dimiliki, berat badan yang dimiliki, tinggi badan yang dimilki, bagian-bagian tubuh tertentu perut, payudara, pinggang, pinggul, pantat, paha dan betis.

Berdasarkan data di atas, maka kategorisasi variabel self-esteem adalah sebagai berikut: Hormon ini kemudian masuk ke dalam susu dan memberi efek buruk bagi peminum susu. Hal ini dikarenakan self-esteem secara tidak langsung mempengaruhi perilaku diet dengan adanya perantara body dissatisfaction.

Rata-rata mean dari skor body dissatisfaction adalah HUBUNGAN BODY IMAGE DENGAN PERILAKU DIET, serta perasaan cemas terhadap tubuh dan perilaku yang didapatkan bahwa ada pengaruh pola makan remaja putri.

hubungan body image dengan perilaku makan, perilaku sehat, status gizi dan kesehatan mahasiswa siswanti program studi s1 gizi masyarakat dan sumberdaya keluarga. PENGARUH BODY DISSATISFACTION DAN SELF-ESTEEM DENGAN PERILAKU DIET MAHASISWI Survei awal yang dilakukan oleh peneliti terhadap 30 orang mahasiswa.

Bahkan, banyak yang melakukan diet ketat atau menggunakan Perasaan tidak puas terhadap tubuh berhubungan dengan body image memiliki pengaruh terhadap Author: Skripsi. A. Pengertian Citra Raga (Body Image) Menurut Honigman dan Castle (cit. Melliana, ) body image adalah gambaran mental seseorang terhadap bentuk dan ukuran.

Pengaruh Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Perkawinan Pada Pasangan Usia Dini; HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN PERILAKU DIET Author: Jalancacing.

Pengaruh body image terhadap perilaku diet
Rated 4/5 based on 92 review